SALATIGA- Kamis 25 Mei 2017 merupakan moment yang sulit untuk dilupakan khususnya bagi siswa kelas VI SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan kegiatan Akhirussanah dan Khotmil Qur’an Siswa Kelas VI Angkatan ke-VII.
Bertempat di Laras Asri Hotel dan Spa sebanyak 94 siswa dikembalikan secara simbolis kepada orang tua mereka. Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Salatiga tersebut disambut antusias oleh wali murid, nampak seluruh kursi yang disediakan tidak ada yang kosong. Terlihat senyum kegembiraan yang tergambar jelas di wajah siswa-siswi yang didampingi oleh orang tua mereka. Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Kepala UPTD Sidomukti, Pengawas TK/SD Kecamatan Sidomukti, Pengawas PAI, Majelis Dikdasmen, dan beberapa tamu undangan.
Rangkaian acara pelepasan dimulai tepat pukul 07.30 yang diawali dengan pra acara. Pada pra acara ini banyak persembahan dari tim karawitan SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga.
Pukul 08.00 acara inti pun dimulai yang diawali dengan Khotmil Qur’an kelas VI. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Ananda Naufal yang notabene menyandang predikat Juara I Tartil. Lagu Indonesia Raya dan mars SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga dibawakan apik oleh tim paduan suara.
Setelah pembukaan, sambutan-sambutan pun silih berganti disampaikan, dimulai dari sambutan Kepala SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga, Sutomo. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga. Tidak lupa ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak/Ibu Orang tua yang sudah menitipkan anaknya untuk dididik selama 6 tahun di SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. Pesan beliau, apa yang sudah siswa peroleh selama di SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga senantiasa diteruskan, mulai dari ibadah sholat sunnah dan wajib berjama’ah, membaca Al Qur’an dan hafalan-hafalan surat. Penerima Satya Lencana Pendidikan tersebut juga menyampaikan permohonan doa restu pembangunan Kampus II SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga yang insya Allah diteruskan tahun ini.
Sambutan berikutnya disampaikan oleh Yahya Syarif selaku Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga. Dalam sambutannya, beliau merasa bangga atas prestasi yang telah diraih dari anak-anak SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. ”Alhamdulillah restasi yang berhasil diraih SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga membanggakan persyarikatan. Ini membuktikan bahwa pengelolaan dan manajemen di SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga sudah tidak diragukan lagi”, tambahnya.
Niken selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga mengaku bangga atas apa yang telah diukir oleh SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. “Saya sebagai alumni merasa amat sangat bangga dengan apa yang diraih oleh SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga. Dari Kepala Sekolah Berprestasi hingga da’i cilik yang kondang,” ungkapnya.
Walikota Salatiga Yulianto yang hadir perdana setelah dilantik Senin kemarin menyampaikan, “kedatangan saya ini adalah wujud dari terima kasih dari pemerintah Kota Salatiga, karena Muhammadiyah telah bersama membangun pendidikan di Kota Salatiga. Harapannya kami, Pimpinan Daerah Muhammadiyah mampu mendirikan perguruan tinggi di Salatiga 10 atau 15 tahun mendatang,” ungkap anggota ikatan wali murid SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga tersebut.
Sebelum acara inti ditampilkan kreasi wayang orang yang diperankan oleh guru SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Drama tersebut mengisahkan tentang perjuangan pendirian SMP Muhammadiyah Plus yang telah dilaunching beberapa bulan yang lalu.
Acara inti berjalan dengan khidmat, dilanjutkan dengan mengembalikan siswa-siswi kepada orang tuanya masing-masing.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *