SALATIGA – Mahasiswa Bergerak (MAGER) Salatiga bekerja sama dengan SD Muhammadiyah Plus Salatiga melaksanakan acara Kelas Kreatif virtual melalui aplikasi zoom pada hari ini Sabtu, 23 Januari 2020

Kelas Kreatif adalah kegiatan yang menampilkan pertunjukan dan melakukan pelatihan berkreasi kepada anak anak usia dasar di Salatiga dan sekitarnya. Kelas Kreatif itu sendiri mengawali rangkaian kegiatan yang dibuat oleh Mager Salatiga yang diusung dalam sebuah kegiatan bernama Gema Festival 2021. Selanjutnya akan ada kegiatan yang lain seperti Distance Learning, Game Edukatif, dan Puncak Festival yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 31 Januari 2021.

Gema Festival 2021 adalah rangkaian kegiatan festival anak-anak, yang mengangkat tema toleransi. Kegiatan ini mengusung nilai kearifan lokal, nilai budi pekerti, dan nilai budaya yang beragam.

Acara Kelas kreatif ini diawali dengan pembukaan yang dibuka oleh Kak Altair dan Kak Latifa. Selanjutnya ada penampilan-penampilan dari Mager Salatiga, seperti penampilan wayang sedotan yang ditampilkan oleh Komunitas Seni Atmantara dan penampilan dongeng yang di dongengkan oleh Kak Ima dari Mager Salatiga.

Nah tibalah pada sesi kelas kreatif. Pada sesi ini peserta Kelas Kreatif yang terdiri dari kelas 5 SD Muhammadiyah Plus Salatiga nampak antusias. Mager Salatiga memandu dan memberi contoh bagaimana cara membuat wayang dari sedotan. Bahan yang digunakan pun cukup sederhana, hanya memerlukan sedotan 12 buah dan 1 buah karet gelang. Dari balik layar zoom nampak anak-anak dengan serius menirukan dan membuat wayang sedotan.

“kami mahasiswa bergerak sangat khawatir akan maraknya penggunaan gawai dikalangan anak-anak. Mereka juga minim bersosialisasi minim mendapat pengenalan budaya. Jadi kami bertekad untuk mengembalikan dunia anak-anak pada saat ini ke dunia anak anak yang seharusnya,” ucap Kak Gilang Ketua MAGER Salatiga saat ditanya tujuan dari kegiatan tersebut.

Ia juga memuji anak-anak SD Muhammadiyah plus salatiga dan berterimakasih karena telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Terimakasih kepada anak-anak yang sudah ikut berpartisipasi dalam acara ini. Anak-anak SD Muhammadiyah Plus Salatiga hebat-hebat semua ya! Oh ya kalian jangan lupa untuk belajar dan mari kita lestarikan budaya indonesia ya!,” pesan kak Gilang.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Plus Salatiga Ainul Huri mengatakan, “Program dari mahasiswa bergerak sungguh luar biasa. Mengenalkan budaya Indonesia itu mudah tetapi melestarikan budaya itu yang sulit. Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak menjadi lebih terpacu untuk melestarikan budaya Indonesia.”

Tak lupa ia juga menyampaikan terimakasih kepada Mager Salatiga karena telah memilih SD Muhammadiyah Plus Salatiga untuk diajak bekerjasama.

Rangkaian kegiatan Kelas Kreatif yang memiliki tema Toleransi dengan judul kegiatan bernama “Beauty in Diversity” pada hari ini berjalan dengan lancar. Kegiatan ditutup dengan pemberian cindera mata dari panitia Mager Salatiga kepada SD Muhammadiyah Plus Salatiga yang diterima oleh Ainul Huri.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *