SALATIGA – Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei di Lapangan Pancasila, akhir pekan lalu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) mengumumkan Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kota Salatiga, dari berbagai jenjang.

Salah satunya adalah Sutomo, kepala sekolah SD Muhammadiyah Plus Jl Suropati, Dukuh Togaten, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Salatiga. Pada 2014 lalu, dalam seleksi yang sama, Sutomo, hanya meraih juara ketiga.

Pria kelahiran Kudus 23 Januari 1977 ini, patut meraih prestasi tersebut, karena dengan tangan dinginnya, segudang prestasi mampu diraih siswa SD Muhammadiyah, beberapa tahun ini. Mulai dari lomba mata pelajaran, lomba seni, olahraga, karya ilmiah siswa, serta prestasi lainnya.

Alumnus S1 dan S2 dari IAIN Walisongo ini, mulai bertugas mengajar sejak 2005 dan menjadi kepsek SD Muhammadiyah pada tahun ajaran 2012/2013. Sekolah itu pun saat ini menjadi salah satu lembaga pendidikan favorit di Kota Salatiga.

’Tidak ada ambisi untuk meraih prestasi, yang ada adalah bagaimana melakukan yang terbaik untuk dunia pendidikan kita. Ini bukan prestasi saya saja, tetapi prestasi seluruh bagian dari SD Muhammadiyah Plus,” kata Sutomo.

Proses Seleksi

Sutomo mengakui, proses seleksi diikuti sejumlah kepala sekolah lainnya, beberapa waktu lalu. Dimulai dengan tes tertulis, presentasi makalah, wawancara, serta tes portofolio berupa pembuktian prestasi sekolah dan kinerja kepala sekolah selama ini.

Setelah itu tim penilai melakukan berbagai kajian tentang kinerja dan prestasi setiap calon kepala sekolah berprestasi dan hasilnya diumumkan saat Peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Sementara itu, kepala TK berprestasi diraih Titik Sugiarti (TK Islam Tarbiyatul Banin 2 Salatiga), kepala SMP berprestasi Endang (SMP6 Salatiga), dan kepala SMAberprestasi Yuliati Eko Atmojo (SMA2 Salatiga).

Rencananya kepala sekolah berprestasi tersebut akan mengikuti seleksi tingkat provinsi pada 24-28 Mei mendatang, di LPMP Srondol Semarang.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *