SIDOMUKTI – Ratusan siswa SD Muhammadiyah Plus dan beberapa siswa SD lainnya di Kecamatan Sidomukti Salatiga, mengikuti kegiatan manasik haji yang berlangsung di Lapangan Pancasila, baru-baru ini. Kehadiran Wali Kota Yuliyanto dan Ketua DPRD Teddy Sulistyo, serta para tamu undangan, ikut memberikan semangat kepada siswa dalam melaksanakan praktik simulasi ibadah haji tersebut.
Kepala SD Muhammadiyah, Sutomo mengatakan, manasik haji tidak sekadar melaksanakan program pembelajaran
yang digelar setiap dua tahun sekali, namun diharapkan juga membangun inspirasi anak untuk bisa melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya di Tanah Suci, kelak. ”Sejak dini anak-anak telah dilatih memahami bagaimana proses ibadah haji, sehingga kelak sudah paham setiap tahapan pelaksanaannya,” kata Sutomo.
Ketua panitia kegiatan, Marijo menambahkan, tahun ini kegiatan manasik haji diikuti 753 siswa SD Muhammadiyah
Plus Salatiga dari kelas 1 hingg kelas 6. Pihaknya juga mengajak siswa dari sejumlah SD negeri di Kecamatan Sidomukti. Para siswa antusias menjalani seluruh tahapan yang harus dilalui, mulai dari pemberangkatan dari halaman Gedung DPRD, wukuf arafah di Lapangan Pancasila, melempar jumrah aqobah, berkurban, tahalul, thowaf ifadhoh, minum air zam-zam, sai, serta tahapan lainnya. Wali Kota Yuliyanto memberikan apresiasi positif kepada SD Muhammadiyah Plus Salatiga yang secara rutin menggelar kegiatan tersebut.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *