Pada tanggal 15 Maret 2016 SD Muhammadiyah Plus Salataiga melaksanakan kegiatan rutin tiap tahun yaitu field trip. Field trip diikuti kelas satu sampai kelas lima dengan tujuan yang berbeda-beda. Kelas satu dengan tujuan Magelang, kelas dua dengan tujuan Semarang, kelas tiga dengan tujuan Solo, kelas empat dengan tujuan Yogjakarta, dan kelas lima dengan tujuan Jakarta. Kegiatan ini selain untuk refreshing juga menambah pengetahuan siswa.

Untuk kelas empat dengan tujuan Yogyakarta field trip tahun ini berkunjung ke Taman Pintar dan Benteng Verdeberg. Rombongan kelas empat sampai di Taman Pintar pada pukul 11.00 WIB walaupun terik para siswa kelas empat sangat bersemangat dan antusias. Di Taman Pintar para siswa mendapatkan banyak pengetahuan baru mulai dari sejarah pahlawan sampai dengan ilmu sains sehingga mereka tertarik untuk melihat, membaca, dan mempraktikan beberapa percobaan yang ada di dalam Taman Pintar. Kunjungan ke Taman Pintar diakhiri dengan menonton film empat dimensi.

Kunjungan kedua adalah ke Benteng Verdeberg yang letaknya tidak jauh dari Taman Pintar. Sesampainya di benteng para siswa mendengarkan penjelasan pemandu. Dilanjutkan berkeliling museum untuk melihat sejarah-sejarah bangsa Indonesia yang berkaitan dengan perjuangan mencapai kemerdekaan. Di dalam museum para siswa dapat melihat berbagai peninggalan sejarah seperti alat-alat dan senjata yang digunakan pada masa penjajahan. Selain itu siswa juga dapat menyaksikan miniatur-miniatur yang menggambarkan masa sejarah pada saat penjajahan.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *