IMG_20160622_120912Hari Kartini diperingati pada tanggal 21 April. R. A kartini merupakan tokoh wanita Indonesia pertama kali yang memperjuangkan kemerdekaan wanita, sampai saat ini perjuangannya masih terus dihargai.

Peringatan hari Kartini di SD Muhammadiyah Plus Salatiga pada tahun ini diperingati dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.  Karena pada tahun ini dikenalkan banyak permainan tradisional pada seluruh siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga dengan tujuan agar tidak hanya menggandrungi permainan yang hanya dimainkan secara individual, seperti bermain game yang ada di smart phone. Tak kalah menariknya pada peringatan tersebut dipentaskan wayang kulit oleh dalang Gading, siswa kelas 4 Supartinah.

Pada hari Senin tanggal 21 April 2016 peringatan Hari Kartini berjalan sangat meriah. Hal ini dapat dilihat dari Bapak/Ibu Guru serta karyawan yang mengenakan baju daerah, baju muslim, atau batik sebagai identitas Indonesia. Pada hari itu diadakan uapacara bendera semua tugas diselesaikan oleh siswi-siswi SD Muhammadiyah Plus Salatiga.

Setelah melaksanakan upacara, seluruh siswa diperkenankan untuk mengunjungi stand permainan tradisional yang telah disediakan. Stand tersebut dijaga oleh Bapak/Ibu Guru yang bertugas untuk member contoh dan menginformasikan mengenai permainan tersebut. Adapun contoh permainan yang dikenalkan adalah bekel, dakon, semprengan, yoyo, dan engklek. Seluruh siswa terlihat semangat, gembira dan sangat antusias ingin tahu dan memainkan permainan tersebut. Semangat ini tidak hanya muncul pada siswa perempuan, siswa laki-laki juga mempunyai semangat yang tidak kalah luar biasa.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *