DSC_0310IRO (Indonesia Robot Olympiad) merupakan perhelatan tahunan kompetisi robotik tingkat nasional menggunakan robot Lego Education sebagai bahan dasarnya. Kompetisi robotik ini diikuti oleh anak-anak tingkat SD, SMP, dan  SMA (usia 9-18). Kompetisi ini bertujuan untuk mengajak anak-anak muda dari seluruh Indonesia untuk mengembangkan kreatifitas mereka dalam hal keterampilan pemecahan masalah melalui sebuah kompetisi robot. Perhelatan IRO di Indonesia ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2004 dan tahun 2016 merupakan tahun ke tiga belas kegiatan tersebut dilaksanakan.

Acara ini secara resmi dibuka oleh direktur mikrobot (suplier lego di Indonesia). Pemenang dari kompetisi  tahun ini rencananya akan dikirim sebagai salah satu wakil Indonesia pada World Robotic Olympiad tahun 2016 di India.

Dalam even yang diikuti oleh   305 siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA dari seluruh Indonesia tersebut. Afsar, Daffa, dan Naufaldi yang telah satu tahun lebih belajar lego, memberanikan diri untuk berpartisipasi dalam IRO 2016 dengan NXT-nya (Lego model lama). Tim yang diberi nama mentari ini, bersaing dengan tim-tim dari club-club robot dari seluruh indonesia, dengan robot EVE-3 (lego model terbaru). Meskipun berlomba menggunakan robot NXT anak-anak tetap semangat. Perlombaan dibagi dalam 3 grup yang masing-masing terdiri dari 25 peserta. Setiap grup diambil 8 peserta dengan nilai tertinggi untuk berjuang memperebutkan juara di final round. Dalam perlombaan anak-anak menduduki peringkat 10 di grub B. Pencapaian ini merupakan prestasi tersendiri bagi anak anak mengingat tim mentari bukan berasal dari club robot, menggunakan robot NXT, dan ini merupakan IRO yang pertama kali mereka ikuti.

Misi robot adalah memindahkan sampah/limbah yang diwakilkan dengan blok LEGO berwarna merah dari “cleaning point” yang ditandai dengan lingkaran, membuang blok merah ke “waste disposal area” dan menandai cleaning point tersebut sebagai titik yang sudah bersih dengan meletakan penanda area bersih yang diwakilkan dengan blok LEGO berwarna biru di dalam area lingkaran.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *