Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) bagi anak sekolah adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh UKS yang dipantau oleh Puskesmas. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui dan menilai tingkat kesegaran jasmani seseorang. Sabtu ini (1 Oktober 2016) dilaksanakan kegiatan tersebut untuk 160 siswa kelas satu.

Anak-anak perlu dilihat kebugarannya. “Kebugaran anak-anak sangat menentukan semangat mereka dalam belajar, untuk itu UKS menjadwalkan kegiatan tersebut setiap tahunnya,” tegas Sekretaris FGM tersebut.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan instrumen TKJI. Instrumen yang pertama adalah lari 30 meter untuk mengukur kecepatan siswa-siswi, kemudian gantung siku tekuk untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan dan bahu. Instrumen yang ketiga adalah baring duduk 30 detik untuk mengukur daya tahan dan ketahanan otot perut. Instrumen yang selanjutnya adalah loncat tegak untuk mengukur tenaga explosif. Dan instrumen yang terakhir adalah lari 60 meter untuk mengukur daya tahan jantung dan paru.

Hasil dari tes ini seluruh siswa nampak baik kebugarannya. Seluruh siswa sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *