Senin-Selasa, 26 dan 27 September 2016 dilakukan kegiatan BIAS dan penjaringan oleh Puskesmas Mangunsari. Sebanyak 160 siswa kelas satu mendapatkan imunisasi campak. Sebelum dilakukan imunisasi dilaksanakan penjaringan, yaitu pengukuran tinggi badan dan berat badan, serta pemeriksaan mata gigi dan mulut.

Siswa-siswi berbaris menunggu antria  untuk disuntik imunisasi campak, lalu meminum obat yang telah disiapkan dari Puskeamas Mangunsari.

Alfina Febri mengungkapkan “Kegiatan BIAS ini berjalan dengan lancar, meskipun ada beberapa anak yang tidak diimunisasi karena sudah diimunisasikan oleh orang tuanya,” ungkap koordinator UKS SD Muhammadiyah (Plus) tersebut.

Beberapa hari setelahnya, Puskesmas Mangunsari membagikan obat cacing kepada seluruh siswa SD Muhammadiyah (Plus) secara cuma-cuma. Kegiatan tersebut merupkan salah satu wujud dari program pemerintah eliminasi filariasis.

Kepala Sekolah Sutomo, menerangkan pemberian obat cacing ini gratis dan dilaksanakan setahun sekali. Beberapa penelitian menunjukan bahwa anak yang bebas dari infeksi cacing, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan dan meningkatkan status gizi.

“Tentunya hal tersebut turut mempengaruhi perkembangan kemampuan kognitif dan perbaikan prestasi anak sekolah.” Terang peraih juara 1 Kepala SD Berprestasi Nasional 2015 tersebut.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *