Salatiga, Kamis 13 Oktober 2016 siswa kelas V SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga melakukan kegiatan outing class dengan tema mengenal tumbuhan disekitar. Sebanyak 110 siswa melaksanakan kegiatan ini dengan sangat antusia.

Di bumi perkemahan Senjoyo siswa-siswi diajak untuk melakukan 3 kegiatan. Diawali dengan olahraga ringan, anak-anak melakukan gerakan-gerakan sederhana dipandu oleh para guru. Kemudian anak-anak dibagi ke dalam 11 kelompok untuk mengikuti permainan edukatif yang sudah disiapkan oleh tim level kelas V.

Permainan pertama adalah whispering atau pesan berantai. Dalam permainan ini siswa-siswi dilatih untuk dapat menerima pesan yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Bukan hanya kemampuan menerima pesan, namun siswa-siswi juga dibiasakan untuk mengucapkan bahasa Inggris secara tidak langsung. Permainan kedua ialah protection ball. Pada permainan ini siswa-siswi secara beregu berlomba untuk menjaga agar bola yang mereka bawa tidak terjatuh atau keluar dari lubang ditengah-tengah tali yang dikendalikan oleh delapan anak peregu. Kegiatan yang terakhir ialah pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Siswa-siswi diminta secara berkelompok untuk mengamati aneka tumbuhan yang ada disekitar lokasi dan menuliskannya dimedia kertas yang sudah disediakan.

Sutomo menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini (outing class) dilakukan dari kelas 1 hingga kelas 6. “Outing class memang sudah kita programkan, selain untuk mengajak siswa refreshing kegiatan seperti ini juga dapat digunakan untuk media belajar siswa,” ungkap Kepala SD Berprestasi Nasional tersebut.

 

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *