fgdSIDOMUKTI – Sejumlah siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga yang menjadi anggota dokter kecil sekolah, menggalang dana bantuan bagi korban angin puting beliung untuk SMK Muhammadiyah. Kegiatan yang dilaksakanan untuk melatih kepekaan sosial siswa, uang yang dikumpulkan diperoleh dari menyisihkan uang saku setiap siswa. Aksi sosial siswa sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama tersebut, mampu mengumpulkan uang senilai Rp 7.377.500. Dana tersebut kemudian akan disalurkan kepada Lazismu Kota Salatiga yang mengelola penyaluran bantuan untuk SMK Muhammadiyah. Salah seorang siswa secara simbolis memberikan kepada Marijo, Ketua Lazismu Kota Salatiga.
Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Plus, Sutomo mengatakan, program tersebut merupakan bagian dari pendidikan sosial (kecerdasan sosial) dan melatih anak agar berempati terhadap bencana yang terjadi. Sekaligus melatih anak melaksanakan pendidikan agama dengan praktik langsung dalam bentuk infaq/shadaqah.
’’Diharapkan nantinya siswa memiliki empati yang tinggi dan mampu berinisiatif, untuk membantu warga yang membutuhkan bila terjadi bencana,’’ jelas penerima Satya Lencana Pendidikan tersebut.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *