img-20170110-wa0049Menyemangati anak (peserta didik) dalam belajar bahasa asing khususnya Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Salah satu cara yang dilakukan oleh guru level kelas 3 adalah dengan metode mengahafal yang disebut _One Day One Word_.

Dalam metode tersebut, disediakan media berupa _time table_. Setiap harinya satu siswa akan menempel satu kosa kata dalam Bahasa Inggris yang sudah disertai dengan artinya ke dalam kolom yang telah disediakan. Satu kosa kata yang telah ditempel akan diucapkan bersama-sama dengan guru yang mengajar dan akan terus diulang di hari itu hingga anak terbiasa dan tau artinya. Kosa kata tersebut juga disesuaikan dengan materi pembelajaran Bahasa Inggris agar dapat membantu mereka dalam belajar.

Tujuan dari adanya inovasi ini adalah memepermudah siswa dalam menghafal dan memahami arti Bahasa Inggris. Harapannya 1 hari anak hafal 1 kosa kata, maka jika terus ditambah selama 1 semester In Shaa Allah anak telah menghafal, memahami dan paling tidak akan mengerti banyak arti dari kata Bahasa Inggris tersebut.

Semoga usaha ini dapat bermanfaat untuk peserta didik di kelas 3, dan dapat berjalan lancar. Aamiin ..

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *