img-20170110-wa0055Salatiga- Untuk membekali anak dalam menghafal perkalian dengan menyenangkan guru guru kelas 2 meluncurkan program “ONE DAY THREE MULTIPLICATION“. Program yang dimulai setiap pagi saat anak datang ke sekolah akan menghafalkan tiga perkalian.

Siang hari setelah makan siang (waktu yang agak longgar) anak harus menyetorkan hafalan day 1 ke guru. Jika anak dinyatakan lulus setoran day 1 maka anak besok boleh melanjutkan ke hafalan day 2 jika day 2 lulus bisa diteruskan lagi sampai day 30, akan tetapi jika anak belum lulus day 1 maka hari besok anak masih harus menghafal day 1 dan belum boleh lanjut ke day 2 dan seterusnya. Untuk memperlancar program tersebut guru mencoba berkerja sama dengan orang tua untuk menghafalkan di rumah.

Guru menyiapkan lembar penilaian setiap harinya untuk mengetahui sejauh mana anak itu hafal, hal ini juga bisa menjadi perlombaan jika anak yg bisa menyelesaikan hafalan selama 30 hari penuh tanpa tambahan waktu maka anak bisa diberi reward karena anak bisa menghafal dengan tepat.
Tujuan dari pembuatan media ini adalah anak bisa menghafal perkalian dimulai sejak kelas rendah (kelas 2) sehingga nantinya diharapkan bisa mempermudah dalam jenjang level selanjutnya.

Walaupun pelajaran dikelas dua perkalian masih menggunakan penjumlahan berulang, namun insyaallah tidak ada salahnya anak menghafal perkalian dari sekarang. Keberhasilan media ini tidak terlepas dari kerjasama antara anak, orang tua dan guru. Bismillah semoga media ini bisa membantu anak2 dan berhasil diterapkan dikelas 2 aamiin.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *