SALATIGA- SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga melaksanakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada tenaga pendidik dan kependidikan. Sebanyak 68 tenaga pendidik dan kependidikan dikuatkan karakternya dalam menyampaikan pendidikan yang berkarakter. Dihadiri oleh Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Kepala Satuan Pendidikan Kecamatan Sidomukti, dan Pengawas TK/SD Kecamatan  Sidomukti. Hadirnya mereka dalam rangka  mensinergikan program yang ada dan membangun jejaring dengan stake holder. 

Kegiatan ini akan berlangsung secara berkelanjutan ini, pada pertemuan pertama kali ini menekankan pada penguatan pendidikan karakter. Sebagai salah satu sekolah dasar yang memperhatikan pendidikan pada pembentukan karakter yang baik, acara tersebut juga membekali dan mengingatkan kembali guru untuk dapat menjadi role model yang baik bagi siswa sisiwinya. Seperti yang diungkapkan oleh Bunda Niken selaku Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Salatiga bahwa, implementasi pendidikan karakter dimulai dari pembiasaan, dan pembiasaan itu dapat diawali dari pendidiknya.

Sependapat dengan hal tersebut, Bunda Betty selaku Pengawas TK/SD Kecamatan Sidomukti juga menyatakan bahwa keberhasilan pembelajaran itu tergantung pada pendidiknya. “Jika mengajar dengan hati, maka peran yang ditampilkan di depan anak-anak juga pasti akan baik. Hal itu pastilah akan disenangi dan ditiru oleh anak-anak sebagai kebiasaan yang baik,” ungkapnya.

Kepala SD Berprestasi tingkat nasional Sutomo mengatakan, untuk menjadikan sekolah yang berkarakter diawali dengan pendidik yang berkarakter, lalu ditularkan pada peserta didiknya, ditambah dengan kegiatan-kegiatan yang mengutamakan karakter dalam pelaksanaannya. “Karakter bukan teori, kakater itu harus dipraktekkan,” ungkap penerima Satya Lencana Pendidikan tersebut.

Kegiatan yang diadakan di aula SD Mugammadiyah (Plus) Salatiga ini bertujuan sebagai upaya solutif yang dapat membekali tenaga pendidikan untuk mengutamakan karakter dalam pembelajaran.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *