sdmpsalatiga.sch.id Bandung – Electrical Engineering Days (EEDays), merupakan acara yang diselenggarakan oleh Prodi Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung, sejak tahun 2012. Pada awalnya, EEDays merupakan puncak rangkaian akademik bagi mahasiswa tingkat akhir Prodi Elektro ITB di mana mereka menempuh sidang tugas akhir sekaligus memamerkan hasil karya tugas akhir mereka. Namun, sejak tahun 2016, Prodi Elektro ITB bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB untuk mengubah rangkaian acara EEDays – yang semula hanya eksklusif bagi kalangan Prodi Elektro saja – dengan menambahkan beberapa mata acara seperti seminar, workshop, dan lomba.

Pada tahun 2017, EEDays mengusung tema “Technology for Better Life” dengan mengangkat isu tentang Internet of Things, khususnya dalam bidang smart home. Rangkaian acara EEDays 2017 terdiri atas pameran tugas akhir S1 Taknik Elektro ITB, seminar, stadium generale dengan mitra program studi dari industri maupun alumni, workshop IoT, serta Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA dan Robotik bagi tingkat SD sampai SMA.

SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga mengirimkan 4 tim untuk menguji apa yang selama ini mereka dapatkan saat ekstrakurikuler. Satu Tim Atom yang diwakili oleh Faris Ahza Bahtiar berjuang dalam Autonomus Sumo Robot. Bersaing dengan 35 peserta lainnya Faris berhasil meraih juara II. Berhasil mengalahkan beberapa siswa SMP mengantarkan Tim Atom menjadi satu-satunya wakil SD yang menjadi juara. Hebat memang, semangat dan semangat yang luar biasa ditunjukkan pria kecil berkacamata tersebut.

Dalam cabang lomba RC Soccer Robot, SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga mengirimkan 3 tim sekaligus. Tim Atom 1 yang beranggotakan Farrel dan Gatier, Tim Atom 2 di gawangi oleh Rayan dan Sakti, sedangkan Tim Atom 3 beranggotakan Kalingga dan Irfan. Tim Atom yang berada dalam satu grup memaksa salah satu dari yang terbaik untuk melaju mewakili, Tim Atom 1 berhasil menjadi yang terbaik diantara 3 Tim Atom yang lain. Berhasil mengalahkan dengan skor telak 5:0 saat di semifinal, Tim Atom kalah dari tim tuan rumah dengan skor tipis 2:1.

Endra Gunawan selaku pembina Tim Atom mengatakan, “Alhamdulilah, syukur kami atas juara yang ditorehkan Tim Atom. Anak-anak sudah berusaha sesuai dengan kemampuan mereka, bahkan sudah seluruh kemampuan mereka kerahkan,” ungkap Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PDM Kota Salatiga tersebut.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa selepas dari kegiatan eedays ini Tim Atom akan di genjot untuk mengahadapi kompetisi selanjutnya di bulan Oktober mendatang.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *