sdmpsalatiga.sch.id SALATIGA- SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga, Ratih Wintang Kinaryosih, mampu meraih Juara 1 Tingkat Kota Salatiga dalam ajang Pemilihan Duta Lingkungan Sehat. Ratih akan mewakili Kota Salatiga di Tingkat Jawa Tengah. Pemilihan yang dilaksanakan Selasa, 8 Agustus 2017 tersebut bertempat di SD Negeri Ledok 2.
Kegiatan pemilihan Duta Lingkungan Sehat ini rutin dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tingkat kecamatan hingga nasional tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan pentingnya hidup sehat dengan cara mencuci tangan.
Ratih yang meraih juara II di tingkat kecamatan kembali bersaing untuk memperebutkan gelar Duta Lingkungan Sehat Kota Salatiga. Ratih memang kerap mensosialisasikan cara hidup sehat dengan mencuci tangan karena ia tergabung dalam Dokter Kecil SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga. Biasanya ia mensosialisasikan cuci tangan dengan menggunakan media bercerita.

Ratih yang juga menjadi Duta Dongeng mengungkapkan, “Dengan mendongeng saya dapat menyelipkan pesan tentang cara hidup sehat tanpa menggurui teman-teman. Saya membuat boneka jari untuk peraga dalam bercerita, alhamdulillah banyak teman-teman yang suka,” ungkap pengisi acara Tausiyah Dai Kecil TV Muhammadiyah tersebut.
Penyakit Menular
Dalam ceritanya Ratih menceritakan bagaimana cuci tangan pakai sabun dapat melindungi seseorang dari penularan penyakit sebesar 30 – 40 %. Terutama penyakit diare dan cacingan, serta penyakit menular lainnya seperti infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), hepatitis, dan flu, termasuk virus H5N1 dan H1N1. Penyakit diare yang menjadi penyebab kematian terbanyak pada anak-anak pun dapat dicegah hingga 80-90%, dengan mencuci tangan pakai sabun dan tentunya didukung dengan sanitasi yang sehat.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *