sdmpsalatiga.sch.id SALATIGA- Bertempat  di Lapangan Pancasila Kota Salatiga SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga berhasil menjadi Juara III dalam festival  dolanan anak  tingkat SD se Kota Salatiga. Lomba yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Salatiga yang ke 1267.

Maraknya game online yang dapat dengan mudah dijangkau oleh anak-anak menggugah Pemkot Salatiga untuk menyemarakkan kembali permainan tradisional. Permainan tradisional yang dikemas semenarik mungkin di lombakan dalam ajang Festival Dolanan Anak yang dilaksanakan dalam sela kegiatan Salatiga Fair. Dalam perlombaan tersebut banyak dolanan yang diperkenalkan untuk menarik perhatian anak-anak dari game-game online. Hampir semua dolanan anak yang hampir terlupakan dikemas dengan ajang Festival Dolanan Anak. Suatu hiburan tersendiri bagi mereka yang ingin mengenang masa kecil mereka.

SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga yang dipercaya oleh Kecamatan Sidomukti mengikuti Festival Dolanan Anak beserta 6 regu dari berbagai sekolah dasar di Salatiga. Sd Muhammadiyah Plus menampilkan permainan Tong Tong Bolong. Permainan yang asli dari Jawa Tengah ini dapat melatih kekompakan dan kebersamaan anak-anak.

SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga mampu meraih Juara III dengan formasi yang terdiri dari 10 peraga dan 1 anak sebagai narator. Dikomandoi dalang cilik Ki Gading, alunan gamelan mengiringi penampilan Laskar Kluwung yang beranggotakan Naufal, Firly, Faiz, Firly, Anggun, Widda, Shafira, Elmecca, Safa dan Ibnaty sebagai narator. Banyak penonton yang terpikat oleh tampilan Laskar Kluwung tersebut.

Sutomo, yang ditemui dalam sela-sela kesibukannya menyatakan, “Alhamdulillah SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga mendapatkan Juara III. Bukan kali ini saja kami mengenalkan permainan tradisional kepada siswa kami, pada peringatan hari kartini kami selalu mengajak siswa-siswi kami untuk mengenal permainan tradisional,” ungkap penerima Satya Lencana Pendidikan tersebut.

 

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *