sdmpsalatiga.sch.id SALATIGA- Ana Irawanti berhasil menjadi yang terbaik di Salatiga setelah mengalahkan 6 peserta yang lain dalam Lomba Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Salatiga.

Berbekal pendidikan Strata II di UNS Surakarta Ana memberikan hasil yang terbaik untuk SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. Sebelumnya ia berhasil menjadi Juara II PTK dalam ajang Pentasbora Tingkat Jawa Tengah.

Dia membuat penelitian tindakan kelas pelajaran IPS dengan menggunakan media permainan. Alumni UNS tersebut menggunakan media permainan monopoli yang dimodifikasi dengan nama monosendo (monopoli sejarah nasional Indonesia).

Ide awal muncul, dengan pertimbangan bagaimana membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik? Juga bagaimana membuat peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga berdampak positif pada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

”Dengan memasukkan unsur permainan dalam pembelajaran, menjadikan anak-anak lebih senang dan terlibat langsung dalam pembelajaran,” ungkap perwakilan Jawa Tengah dalam Lomba PTK Olympicad tersebut, Rabu (20/09/2017).

Ia juga kerap menorehkan prestasi di bidang pendidikan lainnya khususnya karya tulis. Untuk kesuksesannya dalam lomba karya tulis kali ini tidak lepas dari bimbingan Sutomo selaku Kepala SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga yang pernah meraih Juara Kepala Sekolah Berprestasi Nasional pada tahun 2015.

Wanita yang telah 5 tahun mengajar di SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga  ini, merasa bangga karena dari perjuangannya kini mampu memberikan prestasi terbaik bagi SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. Dirinya juga berharap teman-teman guru dapat termotivasi untuk berprestasi.

Sutomo selaku kepala sekolah mengungkapkan, “Alhamdulillah Ibu Ana dapat membanggakan SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. Semoga para pendidik yang lain termotivasi dengan apa yang diraih oleh Ibu Ana,” ungkap penerima Satya Lencana Pendidikan tersebut.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *