sdmpsalatiga.sch.id SALATIGA-SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga siap menjadi sekolah percontohan sekolah berakter di Kota Salatiga, setelah mendapatkan Juara I Lomba Sekolah Berkarakter Kebangsaan (LSBK) Tingkat Kota Salatiga.

Sejak digaungkannya pendidikan berkarakter oleh pemerintah pusat, sekolah-sekolah di seluruh daerah berlomba-lomba menyambut arahan tersebut. SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga yang berdiri sejak awal kemerdekaan telah melakukan pendidikan berkarakter yang digulirkan oleh pemerintah. Jadi bukan hal yang baru di SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga dalam membina karakter para peserta didiknya. Tak heran jika Dinas Pendidikan Kota Salatiga yang beberapa waktu lalu mengadakan LSBK tingkat Kota Salatiga menetapkan SD Muhamadiyah (Plus) Salatiga menjadi juaranya.

SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga yang menerapkan pembelajaran menyenangkan (fun learning) sejak berdirinya pada tahun 2004 memang menekankan pada bagaimana para siswanya dalam proses pembelajaran sehingga karakter tertanam dalam jiwa siswa. Ada banyak kegiatan yang membentuk karakter siswa di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga. Terlihat dalam 35 ekstrakurikuler dan pembimbingan siswa berprestasi yang disediakan untuk mewadahi berbagai macam minat dan bakat peserta didik. Tidak hanya itu, seluruh pembelajaran di SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga diawali dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui salat dhuha dan tadarus al-qur’an.

Kecintaan terhadap bangsa dan negara tak luput dari target yang dicanangkan oleh SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga. Pasti, setiap hari senin dan hari besar nasional dilaksanakan upacara bendera. Peringatan hari besar nasional juga beberapa kali dilakukan dengan cara yang simpel dan menyenangkan agar lebih mudah tertanam pada peserta didik.

Menjaga lingkungan sebagai tempat hidup juga dilaksanakan di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga. Beberapa tanaman yang ada dilingkungan sekolah diberi label nama sehingga mengedukasi peserta didik secara tidak langsung. Juara II Duta Lingkungan Sehat tingkat Jawa Tengah juga menjadi salah satu bukti bahwa sekolah ini memperhatikan tentang lingkungannya.

Kepala Sekolah, Sutomo menyampaikan, “SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga siap menjadi sekolah percontohan untuk sekolah berkarakter. Insya Allah seluruh elemen yang ada di SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga akan memberikan yang terbaik untuk kemajuan para penerus bangsa,” ungkap Duta PPK tersebut.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *