sdmpsalatiga.sch.id SALATIGA-Memperingati hari Gizi Nasional ke-58 SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga melaunching Kantin Sehat yang telah mendapatkan piagam bintang dari PBPOM Jawa Tengah.

Dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Salatiga, Kanti Sehat C-bermu (cerdas berakhlak mulia) tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gizi peserta didik saat disekolah. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas Mangunsari, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Salatiga, Pengawas TK/SD, Kepala Satuan Pendidikan, dan beberapa OPD dilingkup Kecamatan Sidomukti. Dalam sambutannya ketua PMI Salatiga tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya atas sumbangsih yang diberikan SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga yang telah mendidik para calon penerus bangsa. “Kami selaku pemerintah Kota Salatiga berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga memperhatikan jajanan yang dikonsumsi peserta didik disekolah”, ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga menghadirkan para pedagang makanan trasdisional yang ada di Kota Salatiga. Ada 15 stand jajanan tradisional dari klepon hingga ronde dihadirkan guna mengenalkan secara langsung kepada peserta didik bahwa jajanan tradisional juga bergizi. Para siswa berjajar rapi sambil membawa kupon untuk ditukarkan dengan jajanan tradisional yang mereka sukai. Lapak jamu menjadi jajanan yang paling disenangi peserta didik, ini terbukti dengan habisnya jamu yang dijajakan paling awal. Selain murah, menurut para siswa jamu juga memberikan manfaat kesehatan.

Tidak hanya para pedagang yang menjajakan masakannya siswa-siswi kelas V yang terbagi dalam beberapa kelompok juga ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan kegiatan “market day”. Mereka menjajakan dagangan yang telah mereka siapkan dari rumah. “Puding… puding… Puding jagung rasa coklat!” teriak salah satu siswa menjajakan jajanannya.

 

 

 

 

Diakhir acara Puskesmas Mangusari memberikan kenang-kenangan berupa paket permainan ular tangga untuk membiasakan berprilaku hidup bersih.

Kepala Sekolah Sutomo menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna memperingati Hari Gizi Nasional dan sekaligus melaunching Kantin Sehat C-bermu yang telah mendapatkan piagam bintang dari BPPOM Jawa Tengah. “Kami mencoba mengangkat makanan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan oleh kebanyakan anak-anak. Ini sebagai salah satu bentuk edukasi bahwa makanan tradisional juga mempunyai gizi yang baik,” ungkap duta PPK tersebut.

Lebih lanjut penerima Satya Lencana Pendidikan tersebut menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut para peserta didik dilatih untuk mengembangkan jiwa enterprenuer.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *