sdmpsalatiga.sch.id  SALATIGA- SD Muhammadiyah Plus Salatiga mengjarkan sejarah perjuangan Ibu Fatmawati dalam menjahit Sang Saka Merah Putih dengan menjahit bendera raksasa berukuran 25 meter kali 5 meter.

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 SD Muhammadiyah Plus Salatiga mengadakan kegiatan napak tilas Sang Saka Merah Putih di halaman sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan bersama 1001 siswa dengan menjahit bendera raksasa dengan ukuran 25 meter kali 5 meter.

Setelah selesai di jahit bendera dikibarkan oleh siswa-siswi di halaman sekolah. Seluruh siswa menyanyikan lagu berkibarlah benderaku. Suasana nampak semarak dengan bendera bendera kecil yang dilambaikan oleh seluruh siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk karakter cinta tanah air dan bekerja sama. Tidak hanya itu, anak-anak diajak untuk merasakan perjuangan Ibu Fatmawati saat menjahit bendera Sang Saka Merah Putih sehari sebelum hari kemerdekaan. Selain itu siswa-siswi diajak belajar sejarah secara tidak langsung.

“Kami mencoba menanamkan memori visual kepada siswa-siswi kami yang akan dikenang mereka saat meraka besar nanti. Kenapa menjahit? Karena kami ingin siswa-siswi kami kedepannya dapat merekatkan perbedaan di Indonesia ini, atau setelah nanti mereka menjadi orang sukses dapat bekerja sama dengan orang lain,” ungkap Kepala SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tersebut.

 

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *