sdmpsalatiga.sch.id  BANDUNG- Adventure Team Robotic Muhammadiyah (ATOM) SD Muhammadiyah Plus Salatiga meraih Juara Internasional di Bandung (3 November 2018).

Indonesia Robo Fest (IRoF) sebuah perlombaan robot internasional yang diadakan oleh Fakultas Teknik Universitas Kristen Maranatha dengan tema “Inspiring Next Generation”. Diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dan Malaysia perlombaan tersebut berlangsung selama 2 hari dengan beberapa cabang lomba.

SD Muhammadiyah Plus Salatiga yang telah mengikuti untuk ke 3 kalinya ini mampu menjawab tantangan yang diberikan oleh panitia pada cabang lomba Pick and Place Robot, terbukti dengan Juara 3 yang dipersembahkan Rayan Rajendra Rasendriya dan Laksamaa Hendry Armada Sakti.

Pick And Place Robot menantang siswa untuk mendesain robot dan mengendalikannya secara manual untuk mengambil bola pingpong dari dispenser yang berputar kemudian ditempatkan ke dalam penyimpanan. Perlombaan dimulai dengan sesi building dan trial selama 90 menit. Dilanjutkan dengan penilaian pada babak penyisihan. ATOM yang digawangi oleh Rayan dan Sakti mampu menyelesaikan misi hingga lolos babak penyisihan. Pada babak final ATOM mengalami kendala pada robot yang dirakitnya, namun dengan tenang ATOM dapat mengatasinya.

Dalam cabang lomba Mighty Sumo Robot ATOM mengirimkan 4 tim. Mighty Sumo Robot menantang siswa untuk membuat robot dari stik es krim untuk dipertandingkan seperti orang sumo. Mighty Sumo Robot diikuti oleh siswa SD, SMP, dan SMA yang memperebukan juara. Pada babak penyisihan yang dibagi dalam grup SD, SMP, dan SMA, ATOM berhasil mendominasi dalam grup dengan mewakili seluruh grup SD. Namun saat babak semifinal yang setiap grup terdiri dari SD, SMP, dan SMA, perjuangan ATOM harus terhenti.

Endra Gunawan Hermanto selaku pembimbing ATOM mengatakan, “ATOM telah berjuang sekuat tenaga dan itulah hasil terbaik yang didapatkan oleh ATOM dari latihan selama 1 bulan,” ungkapnya.

Kepala sekolah Ainul Huri yang dihubungi lewat telepon menyambut gembira hasil tersebut. “Alhamdulillah, ATOM merupakan pioner dalam robotika di lingkungan sekolah Kota Salatiga. Tim ini akan terus kami optimalkan untuk menyongsong perlombaan perlombaan selanjutnya,” ungkap ayah 3 anak tersebut.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *