sdmpsalatiga.sch.id SALATIGA-SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga kembali dipercaya untuk melaksanakan kegiatan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Salatiga.

Pagi sejuk di awal tahun 1441 H dengan udara dingin ciri khas Kota Salatiga. SD Muhammadiyah Plus Salatiga menyambut 681 siswa-siswi TK Islam di Kota Salatiga. Miniatur Ka’bah nampak dari kejauhan berdiri kokoh di halaman SD Muhammadiyah Plus diiringi riuh suara anak-anak yang memakai baju ihram. Latihan manasik haji Majelis Dikdasmen PDA Kota Salatiga pada tahun 2019 ini di tempatkan di SD Muhammadiyah Plus Salatiga.

SD Muhammadiyah Plus Salatiga yang telah memperoleh predikat sekolah berkarakter memang telah dikenal sebagai tempat membina karakter. Ada green corner yang selalu memantau siswa-siswi dalam berprilaku saat istirahat dan beberapa program unggulan lainnya. Tak salah memang PDA Kota Salatiga memilih SD Muhammadiyah Plus Salatiga sebagai tempat untuk membina karakter religiusitas para siswa-siswi TK ABA dan beberapa TK partisipan lainnya dengan Manasik Haji.

Manasik dibuka ketua IPHI Salatiga Muh Haris dihadiri pengurus ‘Aisyiyah, PDM Kota Salatiga. Manasik diawali niat haji, wukuf, shalat dua rakaat dengan diawali kumandang adzan oleh Nizam, siswa SD Muhammadiyah Plus. Kemudian murid disimulasikan bermalam di Muzdalifah mengambil batu kecil, melempar jumrah aqabah, berkurban, tawaf ifadah, minum air zam-zam, sai, dan tahalul(cukur rambut).

Meskipun di bawah terik matahari, ratusan murid bersemangat mengikuti rangkaian acara. Acara rutin tahunan ini merupakan sarana edukasi untuk mengenalkan rukun islam kelima kepada anak-anak. Tak kurang dari 13 TK Islam di Kota Salatiga dan sekitarnya meyemarakkan kegiatan yang difasilitasi Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Salatiga tersebut.

Ainul Huri selaku kepala SD Muhammadiyah Plus Salatiga sangat mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Tidak tanggung-tanggung ia secara pribadi langsung berpartisipasi sebagai imam shalat dalam rangkaian kegiatan tersebut. Baginya SD Muhammadiyah Plus Salatiga adalah alat untuk mensyiarkan Agama Islam. “Alhamdulillah, terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada SD Muhammadiyah Plus Salatiga, semoga Agama Islam di Kota Salatiga semakin maju dan berkembang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua Forum Guru Muhammadiyah Kota Salatiga tersebut menyampaikan bahwa SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga juga beberapa kali digunakan untuk tempat kegiatan Kemenag dan Dinas Pendidikan Kota Salatiga.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *