Peran strategis pemuda memang tidak dapat diabaikan, paradigma pemuda sebagai kategori sosial (social category) mengindikasikan adanya pengakuan atau penghargaan terhadap potensi pemuda baik secara kuantitatif dan kualitatif. Dalam potensi kualitatif pemuda dalam aspek pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dapat diakui bahwa pemuda memiliki aneka talenta yang dalam kaitannya dengan kepeloporan bela negara, kewirausahaan, teknologi tepat guna, sosial budaya serta kelautan, terkait dengan potensi-potensi sumber daya alam dan bidang strategis di Indonesia, dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan nasional.

Melihat kondisi yang dihadapi oleh bangsa ini, maka kepeloporan pemuda dituntut untuk dapat melakukan terobosan-terobosan yang dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi upaya mengatasi masalah yang dihadapi. Dari kondisi riil yang ada, kepeloporan tahun 2020 ini difokuskan pada 5 bidang kepeloporan pemuda yaitu:

  1. Pendidikan
  2. Sosial Budaya dan Pariwisata
  3. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan,
  4. Industri Pangan dan Kesehatan
  5. Komunikasi dan Informasi

Pemuda Pelopor tahun 2020 ini mengusung tema  “Membangkitkan Semangat Kepeloporan Pemuda yang Berani, Berkarakter dan Berdaya Saing”. Kegiatan ini biasanya dilakukan saat mendekati hari sumpah pemuda. Pada kegiatan lomba pemuda pelopor yang diadakan oleh disdikbudpora , tahun  ini Ustadzah Mutik Mualimah yang juga berprofesi sebagai guru di SD Muhammadiyah Plus Salatiga berhasil menyabet Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Semarang bidang Pendidikan.

“bidang kepeloporan yang saya ikuti adalah pendidikan. Fokus yang saya ambil yaitu Memaksimalkan Penggunaan Sosial Media sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan. Disini saya memaparkan kelebihan dan kekurangan berbagai media sosial seperti instagram, youtube, dan lainnya serta bagaimana memaksimalkan penggunaannya .” jelas Uztadzah Mutik saat ditemui di SD Muhammadiyah Senin, 26 Oktober 2020.

Ia juga ingin membuktikan bahwa generasi muda milenial mampu berperan dan aktif dalam pembangunan nasional Indonesia.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *