SALATIGA – Sebanyak 9 orang peserta studi banding dari SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus nampak datang ke kampus SD Muhammadiyah Plus Salatiga pukul 10.00 pada hari Sabtu, 20 Februari 2021.

Ke sembilan peserta tersebut adalah kepala sekolah, 4 guru dan 4 Tim Information Technology SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Mereka datang dari Kudus dengan tujuan untuk melakukan  studi banding dengan Tim Unggulan yang ada di SD Muhammadiyah Plus Salatiga yaitu Tim Edutainment SDMPLUS Salatiga.

Peserta studi banding diterima langsung oleh kepala sekolah SDMPLUS Salatiga, Ainul Huri. Setelah saling bertukar informasi para peserta pun berkeliling ruangan yang ada di sekolah dipandu oleh Ainul Huri.

Tujuan utaman ruangan yang dituju adalah Studio Pembelajaran SDMPLUS Salatiga. Mereka melihat secara langsung studio pembelajaran yang berfungsi sebagai tempat pengambilan gambar, syuting dan kegiatan zoom meeting. Selanjutnya para peserta mengunjungi ruangan Tim Edutainment SDMPLUS Salatiga yang berfungsi sebagai tempat mengedit video-video pembelajaran. Dari tangan-tangan kreatif Tim Edutainment itulah berbagai macam video menarik berhasil dibuat.

“Selain video pembelajaran, beberapa program yang dihasilkan dari Tim Edutainment kami adalah SDMPLUS dalam berita, Sirah Nabawi, Ekstrakurikuler Virtual, dan program unggulannya Pak Dhe Manto.” ucap Kepala Sekolah SDMPLUS Salatiga, Ainul Huri.

Ia juga menambahkan bahwa prinsip utama dari Tim Edutainment adalah hiburan yang mengedukasi. “Program-program yang kami hasilkan bertujuan untuk mengedukasi para siswa dalam bentuk hiburan yang menarik.” tambahnya.

Sementara itu kepala sekolah SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus, Jamaluddin Kamal menjelaskan bahwa pihaknya melakukan studi banding di SD Muhammadiyah Plus Salatiga ini bertujuan untuk mencari informasi dan belajar bersama bagaimana proses pembelajaran virtual yang ada di sekolah ini.

“Kami ingin belajar banyak dari sekolah ini, bagaimana proses pembelajaran dimasa pandemi seperti sekarang ini. Bagaimana mengolah pembelajaran yang menarik. Kami lihat produk yang dihasilkan dari Tim Edutainment SD Muhammadiyah Plus Salatiga sangat bagus dan menarik.” ucap Jamal.

Setelah mengunjungi studio pembelajaran dan ruangan Tim Edutainment selanjutnya para peserta juga berkeliling dan melihat-lihat ruangan kelas SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Kegiatan diakhiri dengan pemberian cindera mata dan berfoto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *