SALATIGA – Video pendek dengan judul “Berdampingan” karya Marijo, M.Pd guru Pendidikan Agama Islam SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga dinobatkan sebagai juara 2 pada Lomba video pendek dengan tema “Pesan Moderasi Beragama”.

Lomba diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dalam rangka launching Aksi Moderasi Beragama. Lomba dibagi menjadi tiga kategori yaitu untuk Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada semua jenjang, siswa sekolah umum jenjang SMA/SMALB/SMK, dan Mahasiswa S1 pada Perguruan Tinggi Umum (PTU). Video karya Marijo ditetapkan sebagai juara 2 untuk kategori Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada semua jenjang mulai TK hingga SMA/SMK.

Pengumuman dilaksanakan pada hari Rabu, 22 September 2021 pukul 19.30-21.30 bersamaan dengan launching Aksi Moderasi Beragama dihadiri secara langsung oleh Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi, dan Direktur Pendidikan Islam, serta Ketua Komisi 8 DPR RI. Penyerahan hadiah dilaksanakan dengan dua mode, bagi juara 1 diundang secara luring dan Juara 1 dan 2 disampaikan secara daring.

Pesan yang disampaikan dalam video tersebut bahwa Islam mengajarkan umatnya berbuat baik kepada siapa pun tanpa melihat latar belakangnya. Perbedaan suku, budaya, ras, dan agama tidak menghalangi untuk saling menghormati, menolong, berbagi, sehingga tercipta kehidupan yang rukun. Jangankan kepada sesama manusia, kepada binatang dan tumbuhan diajarkan untuk menjaga haknya.

Dalam wawancara melalui telepon Marijo menyampakan rasa syukur dan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pembuatan video tersebut.

“Pertama bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu langsung atau tidak langsung sehingga video ini dapat terselesaikan. Terima kasih kepada Walikota Salatiga karena prestasi Kota Salatiga sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia 2021 sangat mendukung bagi saya untuk mendapatkan inspirasi membuat video bertema moderasi. Toleransi sebagai salah satu pilar penting moderasi dalam beragama telah melekat pada masyarakat Salatiga. Terima kasih juga kepada Kepala Kantor Kementeria Agama Kota Salatiga beserta jajaran yang selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada saya sebagai GPAI di Salatiga.” ucapnya

Ia menambahkan bahwa kesulitan yang ia hadapi dalam membuat video tersebut adalah ketika bagaimana menuangkan gagasan tentang moderasi yang begitu luas ke dalam video dengan durasi 60 detik. Namun begitu kesulitan tersebut nyatanya dapat membawa namanya menjadi Juara 2 lomba tingkat nasional ini.

Prestasi yang telah diraih oleh Marijo tentu juga tak lepas dari peran Tim Edutainment SDMPLUS Salatiga. Mulai dari syuting hingga pengeditan video, semua dilakukan oleh tim profesional yang dimiliki oleh SD Muhammadiyah Plus Salatiga ini.

“Selamat kepada ustadz Marijo atas prestasi yang telah diraih. Tentu saja prestasi ini sangat membanggakan dan mampu mengangkat nama SD Muhammadiyah Plus Salatiga di mata nasional. Semoga prestasi ini dapat memotivasi ustadz dan ustadzah lain untuk terus semangat mengembangkan bakat mereka.” kata Ainul Huri, M.Pd , Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Plus Salatiga.

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published.