SALATIGA – Takmir Masjid Al-Muhajirin launching kegiatan TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) pada hari Senin, 7 Maret 2021. Kegiatan ini berlangsung di Masjid Al-Muhajirin yang berada satu lingkungan dengan SD Muhammadiyah Plus Salatiga.

TPQ sangat berperan dalam mendidik dan melahirkan generasi muslim yang cinta dan mengamalkan ajaran Islam yang sesuai dengan syari’ahnya dan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat serta mampu menghadapi era globalisasi saat ini.

Tujuan TPQ adalah menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap al-Qur’an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap Al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian di sampaikan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Plus Salatiga, Ainul Huri, M.Pd dalam sambutannya pada acara pembukaan TPQ Sang Surya pada pukul 15.00.

“Mempelajari dan melihat minat serta kesadaran para orang tua dan peserta didik tentang pentingnya belajar Alquran sejak kecil, maka pada hari ini Takmir Masjid Al-Muhajirin membuka kesempatan khusus belajar Alquran melalui kegiatan TPQ. TPQ ini bernama TPQ Sang Surya. Diharapkan memulai program ini dapat mencapai harapan orangtua siswa bahwa putra-putrinya dapat membaca dan menghafal Alquran dengan baik dan benar.” ungkapnya

Kedepan TPQ Sang Surya harus lebih eksis dan semangat dapat mencapai tujuannya secara lebih berdaya dan berhasil memberikan pembelajaran Al Qur’an.

“TPQ harus mulai bangkit dan memantapkan peran sebagai lembaga pengajaran Al Qur’an jangan cuma meningkat dari sisi kuantitatif tetapi harus meningkat secara kualitatif, artinya kualitas harus menjadi target utama mengingat secara empiris eksistensi TPQ keberadaannya sudah sangat dibutuhkan dan diyakini memberikan manfaat,” pesannya kepada pengajar TPQ Sang Surya.

Materi belajar TPQ Sang Surya meliputi ilmu diniyah Islam, antara lain:

  1. Alquran dengan metode ummi
  2. Hafalan surat pendek
  3. Hafalan doa-doa harian
  4. Bacaan sholat
  5. Hafalan Hadist
  6. Aqidah Ahlak
  7. Sejarah Islam
  8. Fikih Sholat, wudhu, puasa
  9. Menulis huruf arab
  10. Pembiasaan

Kegiatan TPQ ini diikuti oleh siswa siswi kelas I hingga kelas VI SD Muhammadiyah Plus Salatiga dan dilaksanakan setiap hari Senin sampai hari Kamis pukul 14.00 – 16.00 WIB bertempat di Masjid Al-Muhajirin, Jl. Yudhistira, 40. Dukuh, Sidomukti, Salatiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.