SALATIGA – Memasuki tahun ajaran baru 2022/2023, pada hari ini Sabtu, 23 Juli 2022 SD Muhammadiyah Plus Salatiga melaksanakan Kegiatan Sosisalisasi Program Semester I.

Kegiatan Sosialisasi Program Semester adalah kegiatan yang berisi sosialisasi dan penggambaran program-program yang akan dilaksanakan siswa pada semester II. Kegiatan sosialisasi program dimulai dari kelas 2 hingga kelas 6.

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda namun masih berada di lingkup SD Muhammadiyah Plus Salatiga dikarenakan banyaknya walimurid yang akan datang. Tempat pertama berada di masjid dan diikuti oleh walimurid kelas 2 dan 4. Sementara itu di aula lantai 3 kegiatan dikhususkan untuk kelas 3,5, dan 6.

SD Muhammadiyah Plus Salatiga adalah sekolah yang memiliki visi “Pusat keunggulan di bidang IMTAQ dan IPTEK yang berkarakter kebangsaan dan peduli lingkungan“.

Saat pemaparan visi pada pertemuan pertama, kepala SD Muhammadiyah Plus Salatiga, Ainul Huri, M.Pd menyampaikan agar visi ini terwujud perlu peran serta sinergi antara guru dan wali peserta didik. Tanpa kolaborasi sekolah tidak bisa mewujudkan visi tersebut.

Ia juga menyampaikan program-program unggulan yang dimiliki SD Muhammadiyah Plus Salatiga, yaitu:
1. Digital School
Pandemi yang memaksa siswa untuk belajar dari rumah membuat SD Muhamamdiyah Plus Salatiga membuat program yatu Digital School. Melalui tim edutainment , SD Muhammadiyah menghadirkan produk produk dan media belajar seperti youtube, google classroom dan e-learning.
2. International School
International school yaitu program pertukaran pelajar ke luar negri. Tujuannya adalah ke Singapura, Malaysia, dan Jepang. Program ini dilaksanakan di kelas lima semester pertama.
2. Tahfidz School
SD Muhammadiyah Plus Salatiga menghadirkan program unggulan Tahfidz School. Tujuan dari program ini adalah anak lulus dari SD bisa menghafal minimal 1 juz 30. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, diharapkan melalui program ini siswa juga mampu menghafal juz 28 dan 29.
3. Tallent School
Adalah program sebagai media tumbuh kembang siswa. Melalui program ini, bakat dan minat siswa dapat terasah dan disalurkan dengan baik.
4. Character School
Sesua dengan visinya, SD Muhammadiyah adalah sekolah yang berkarakter kebangsaan dan peduli lingkungan. Melalui program ini siswa diharapkan dapat siswa memiliki karakter kebhinekaan, mandiri, gotong royong bernalar kritis dan kreatif.
5. Circular School
Bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada, SD Muhammadiyah Plus Salatiga adalah satu-satunya sekolah dasar di Salatiga yang menerapkan program Circular School. Program ini bertujuan agar siswa dapat peduli lingkungan dengan mampu mengolah sampah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.
6. Literacy School
SD Muhammadiyah Plus Salatiga menghadirkan program Literacy School. Melalui program ini baik guru maupun siswa telah menghasilkan banyak buku. Buku yang dihasilkan pun sebagian besar telah ber-ISBN. Diharapkan seluruh siswa SD Muhammadiyah dapat membuat karya minimal 1 buku.


“Kami mohon kerjasama dari ayah bunda sekalian untuk dapat mensukseskan program-program semester ini dengan baik.” ucap Anul Huri.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 tersebut selesai pukul 12.30 dan berjalan dengan lancar.


Leave a Reply

Your email address will not be published.