SALATIGA – Sebanyak 7 mahasiswa PPL UIN Salatiga melaksanakan kegiatan serah terima Paktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mereka adalah mahasiswa progdi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Salatiga. Penerimaan Mahasiswa PPL UIN Salatiga dilaksanakan pada Senin, 1 Agustus 2022 dan disambut langsung oleh Kepala SD Muhammadiyah Plus Salatiga, Annul Huri, M.Pd. Pihaknya menyambut baik kedatangan para mahasiswa PPL UIN Salatiga.

Kegiatan dilakukan secara langsung di aula serba guna lantai 3 gedung SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Nama – nama mahasiswa ppl tersebut antara lain Faris, Umi, Eka, Dyah, April, Syfa dan Aulia.

Acara berlangsung pada pukul 07.30-08.30 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara. Acara pun berlanjut pada kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian maksud dan tujuan pengantaran dan penyerahan mahasiswa PPL yang disampaikan oleh dosen pembimbing PPL.

Kemudian acara pun berlanjut pada sambutan-sambutan penerimaan yang disampaikan oleh Kepala Urusan Tata, Ria Amalia Sholiha, S.Pd, Kepala Urusan Kesiswaan Wiwik Widyastuti, S.Pd. Ketujuh mahasiswa PPL tersebut pun diterima oleh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Plus Salatiga.

Dalam sambutannya tersebut Kepala Sekolah menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa PPL, serta menyampaikan harapan dengan mahasiswa PPL yang akan terjalin selama 1 bulan kedepan antara SD Muhammadiyah Plus Salatiga dan mahasiswa PPL.

Ia juga menambahkan bahwa pihak sekolah merasa senang dengan kedatangan mahasiswa PPL dari UIN Salatiga. “Kami menyambut baik kedatangan para mahasiswa yang melakukan PPL di sekolah kami tercinta. Semoga para mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan di sini. Kami juga berharap para mahasiswa PPL dapat menerapkan metode mengajar yang mengasyikan agar meningkatkan semangat belajar para siswa”, lanjut beliau.

Sementara itu, Hesti Ariestina, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing mahasiswa PPL UIN Salatiga untuk SD Muhammadiyah Plus Salatiga mengatakan bahwa kami atas nama civitas akademika UIN Salatiga sangat senang bisa bekerja sama dengan SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Mahasiswa kami diberi kesempatan untuk mendidik siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga.

“Kami telah membekali para mahasiswa dengan ilmu-ilmu sesuai bidangnya masing-masing dan memberikan pelatihan mengajar kepada setiap para mahasiswa. Semoga ini menjadi pengalaman bagi para mahasiswa kami yang kelak menjadi guru untuk menimba ilmu di sekolah ini” kata Hesti Ariestina, S.Pd., M.Pd

Setelah penyambutan, para mahasiswa PPL UIN Salatiga kemudian dikenalkan dengan guru pamong dan diberi pengarahan tentang proses mengajar di SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Para mahasiswa diajak melihat proses mengajar guru dan belajar siswa di kelas.

Melaksanakan PPL di sekolah favorit bukanlah perkara mudah, kerja keras dan keseriusan sangat penting agar dapat membawa nama baik universitas. Namun tak lupa juga keikhlasan dan rasa senang menjadi modal penting dalam menjalani semuanya. Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan rasa senang akan berpengaruh pada hasil yang baik pula. Menjadi guru merupakan tugas mulia, maka dari itu jadilah guru yang mendidik dan mempersiapkan para siswa menjadi calon pemimpin masa depan. Lakukan semuanya dengan kerja keras, serius, ikhlas, dan bahagia.


Leave a Reply

Your email address will not be published.