SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga terus menggalakkan program Jum’at bersih untuk menumbuhkan rasa kecintaan peserta didik terhadap kebersihan di lingkungan sekolahnya. Kegiatan yang dilaksanakan setiap Jum’at ini berisi kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah.

Teriknya sinar mentari, tak mematahkan semangat para siswa untuk membersihkan sekolahnya. Para siswa terlihat aktif melakukan bersih-bersih mulai dari mengumpulkan sampah, kemudian menyapu halaman, membersihkan jendela, dan membersihkan selokan.

Kaur Sarpras Buhtari yang turut terjun langsung dalam kegiatan itu, mengatakan, “Rutinitas membersihkan sekolah yang dilaksanakan setiap Jum’at pada minggu ke 2 ini merupakan upaya pihak sekolah untuk membentuk kecintaan terhadap kebersihan bagi peserta didik dengan menanamkan kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan sekolah”, terang pelatih tapak suci tersebut.

Ditambahkannya, kegiatan jum’at bersih ini juga dalam rangka memelihara fasilitas atau properti sekolah seperti merawat tanaman dan juga untuk mengantisipasi wabah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk karena biasanya nyamuk berkembang biak di tumpukan sampah.

Sementara, Sutomo menyampaikan lingkungan yang bersih merupakan cara terbaik untuk mencegah berbagai macam penyakit, “Oleh sebab itu program jum’at bersih ini saya rasa sangatlah penting” ujar sekretaris FGM Jawa Tengah diruang kerjanya.

 

By sdmplus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *